SKRIPSI S-1 TEKNIK SIPIL, Januari 2012

Font Size:  Small  Medium  Large

ANALISIS PELAT LENTUR DENGAN PERLETAKAN SENDI DI TIGA SISINYA DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Yoji Sastra Widjojono

Abstract


Analisis distribusi gaya-gaya yang bekerja pada struktur pelat lentur tipis umumnya dilakukan dengan menggunakan metode eksak. Namun, seringkali perhitungan dengan menggunakan metode eksak menemukan kesulitan karena banyak persamaan matematis yang rumit dan sulit untuk dipecahkan. Salah satu cara untuk memecahkan prosedur matematik adalah dengan perhitungan numerik atau pendekatan yaitu dengan menggunakan metode elemen hingga atau finite element method.
Skripsi ini membahas mengenai hasil pembebanan pada pelat lentur tipis berdasarkan teori Kirchoff-Love menggunakan metode elemen hingga. Untuk itu, diperlukan penurunan matriks kekakuan elemen pelat lentur tipis segi empat dengan empat nodal berdasarkan analogi penurunan matriks kekakuan elemen batang uniaxial dua nodal, elemen segi empat dua dimensi empat nodal, dan elemen balok dua nodal secara berturut-turut.
Selanjutnya, analisis pelat lentur tipis dilakukan pada pelat dengan kondisi keempat sisinya berupa sendi untuk dilakukan perbandingan dengan hasil dari metode eksak. Analisis dilakukan secara manual dengan menggunakan bantuan program Mathematica 8.0 untuk diskritisasi 4 elemen dan 16 elemen. Selanjutnya dilakukan analisis menggunakan program SAP 2000 untuk diskritisasi 4, 16, 64, 256 dan 1024 elemen. Hasil berupa displacement menunjukkan bahwa diskritisasi 1024 elemen pelat mendekati hasil displacement dari metode eksak.
Berdasarkan hasil yang didapat, dilakukan analisis terhadap struktur pelat lentur tipis dengan tiga sisi berupa sendi dan satu sisi bebas tanpa syarat batas perpindahan untuk mengetahui perilaku gaya-gaya dalam yang terdapat pada struktur pelat tersebut yang digunakan dalam mendesain dimensi dan kebutuhan tulangan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.