SKRIPSI S-1 TEKNIK MESIN, Januari : 2004

Font Size:  Small  Medium  Large

RANCANG BANGUN MESIN PEMBENTUK BRIKET ARANG TEMPURUNG KELAPA MENGGUNAKAN SISTEM HIDROLIK

. Susanto

Abstract


Semakin meningkatnya pertambahan jumlah penduduk dan perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), maka kebutuhan akan sumber energi akan meningkat pula. Misalnya memanfaatkan arang tempurung kelapa yang merupakan bahan bakar hayati untuk dibentuk menjadi briket.

Salah satu mekanisme pembentukan briket arang yaitu dengan menggunakan mesin press hidrolik. Sistem hidrolik ini memiliki banyak kelabihan dari sistem pneumatik maupun konvensional pada umumnya. Kelebihan tersebut anatara lain mampu mengasilkan tenaga output yang besar, pemindahan gaya jarak jauh dengan menggunkan pipa, dapat memproteksi kelebihan beban, aman dan sederhana.

kekuatan cetakan briket arang, pemilihan komponen unit pengerak hidrolik, jumlah volume fluida kerja serta pripsip kerja hidrolik merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam merancang mekanisme tekan pada rancang bangun mesin pembentuk briket arang tempurung kelapa.

Perancangan terhadap sirkuit hidrolik yang baik dan benar akan mengasilkan output yang baik pula. Hal tersebut tidak terlepas dari kinerja pompa, silinder dan unit penggerak lainnya, ternyata mekanisme pembentuk briket arang tempurung kelapa berhasil dan dapat bekerja dengan baik sesuai kebutuhan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.