SKRIPSI S-1 TEKNIK INFORMATIKA, Januari : 2007

Font Size:  Small  Medium  Large

Perancangan Program Filtering SMS Menggunakan Metode Bayesian Filtering

Khuei San

Abstract


Salah satu fasilitas yang disediakan sebuah handphone adalah SMS. SMS merupakan sarana berkomunikasi dengan menggunakan data text sebagai media penyampaian informasi. SMS tersebut dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu SMS yang digunakan untuk berkomunikasi antara satu orang dengan yang lain dikategorikan sebagai non-spam messages, sedangkan SMS yang digunakan sebagai modus penipuan dan sarana beriklan dikategorikan sebagai spam messages.  Perancangan program filtering SMS dengan menggunakan metode Bayesian Filtering ini adalah untuk mengklasifikasikan kedua kategori tersebut.

 

Algoritma yang digunakan untuk mendeteksi spam adalah Bayesian Filtering. Bayesian filtering mendeteksi spam dengan cara menghitung probabilitas kata dari suatu pesan (SMS) berdasarkan isinya. Program pengklasifikasian SMS ini terdiri dari 5 modul  yaitu modul Menu Utama, modul Inbox, modul  Spam, modul Send, dan modul Help. Perancangan modul-modul tersebut menggunakan perangkat lunak Java 2 Micro Edition Wireless ToolKit 2.2 dan Netbeans_mobility-5_0.

 

Setelah tahap perancangan dan pembuatan program aplikasi selesai dilakukan, maka dilanjutkan kepada tahap pengujian. Hasil dari perancangan ini kemudian diuji kesesuaian dengan tujuan dan fungsi-fungsinya. Pengujian program pengklasifikasian SMS ini menggunakan Black Box Testing dan Beta Testing. Pengujian dilakukan dengan mengirimkan SMS yang merupakan spam messages dan non-spam messages. Hasil pengujian menunjukkan program aplikasi berjalan dengan benar dan sesuai dengan konsep rancangan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.